Mes PT Gunung Aji Jaya di Lampung Tengah Dibakar Sekelompok Warga

Senin, 21 November 2022 – 09:00 WIB
Mes PT Gunung Aji Jaya di Lampung Tengah Dibakar Sekelompok Warga - JPNN.com Lampung
Mes PT Gunung Aji Jaya dibakar sekelompok warga. Foto: Antara

lampung.jpnn.com, LAMPUNG TENGAH - Masyarakat yang tergabung dalam lima kampung di Kabupaten Lampung Tengah terjadi kericuhan dengan PT Gunung Aji Jaya, di Padang Ratu.

Kericuhan yang mengakibatkan adanya pembakaran mes PT tersebut dikarenakan masalah lahan hak guna usaha (HGU).

Kapolres Lampung Tengah, AKBP Doffie Fahlevi Sanjaya dalam keterangannya menjelaskan bahwa masyarakat lima kampung yakni, Kampung Gunung Aji, Gunung Raya, Negri Ratu dan Negri Kepayungan Kecamatan  Pubian.

Masyarakat menuntut pengembalian lahan milik PT. Gunung Aji Jaya yang terletak di Kampung Gunung Haji Kecamatan Pubian karena dinilai telah habis hak guna usaha (HGU), sejak 2015.

"Atas permasalahan tersebut sekelompok massa dari lima Kampung di Kecamatan Pubian Lampung Tengah mengamuk dan membakar mes karyawan di tiga lokasi berbeda serta dua unit mobil milik PT Gunung Aji Jaya (GAJ)," kata dia.

Dia mengatakan, selain membakar sejumlah peralatan milik perusahaan perkebunan sawit tersebut, kawanan massa juga nyaris membakar dan menghakimi warga setempat yang juga karyawan PT Gunung Aji Jaya.

"Atas kesigapan petugas warga yang juga disinyalir karyawan PT Gunung Aji tersebut berhasil dievakuasi ke Polres Lampung Tengah," kata dia.

Kapolres mengatakan dilihat dari bukti administrasi, lahan perkebunan sawit yang dipermasalahkan warga tersebut masih milik PT Gunung Aji Jaya.

Masyarakat yang tergabung dalam lima kampung di Kabupaten Lampung Tengah terjadi kericuhan dengan PT Gunung Aji Jaya, di Padang Ratu.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Lampung di Google News