Pelaku UMKM, Ini Langkah-langkah yang Harus Dirancang untuk Melakukan Ekspor

Rabu, 26 Oktober 2022 – 08:30 WIB
Pelaku UMKM, Ini Langkah-langkah yang Harus Dirancang untuk Melakukan Ekspor  - JPNN.com Lampung
Pelaku UMKM. Foto: Antara/HO

lampung.jpnn.com, BANDAR LAMPUNG - Direktur Niaga PT Arjuna Triartha Logistik Merli Yunita Sari membeberkan ada beberapa langkah yang perlu dirancang bagi pelaku UMKM agar dapat melakukan ekspor.

Hal itu disampaikannya saat mengisi pelatihan Rumah BUMN di Bandar Lampung dikutip Antara pada Rabu (26/10).

Dia menjelaskan langkah-langkah tersebut dapat diperhatikan seperti legalitas, riset pasar, sampai korespondensi.

"Pendampingan bagi pelaku UMKM ini diharuskan, untuk mengarahkan setiap langkah untuk menembus pasar internasional," ujarnya.

Salah satu peserta pelatihan, Laila Qoriah pemilik Keripik Pisang Siger Gold menuturkan bahwa setelah mengikuti pelatihan ekspor ini, harapan untuk bisa ekspor produknya menjadi terasa lebih mudah.

"Dibayangan saya untuk ekspor itu perlu produksi dalam jumlah besar atau satuan ton, tapi ternyata saat ini sudah banyak UMKM yang melakukan penjualan dengan skala kecil," ujarnya.

Laila juga menambahkan sebagai pelaku UMKM, dirinya merasa senang karena mendapat dukungan penuh dari berbagai instansi dan lembaga dalam meningkatkan kapasitas UMKM.

MSB Komunikasi & TJSL PLN UID Lampung, Elok Faiqoh Saptining Ratri menerangkan bahwa pelatihan di Rumah BUMN diharapkan dapat selalu menjadi jawaban dari apa yang dibutuhkan oleh mitra binaan yang tergabung di Rumah BUMN Bandar lampung.

Direktur Niaga PT Arjuna Triartha Logistik Merli Yunita Sari membeberkan ada beberapa langkah yang perlu dirancang bagi pelaku UMKM agar dapat melakukan ekspor.
Facebook JPNN.com Lampung Twitter JPNN.com Lampung Pinterest JPNN.com Lampung Linkedin JPNN.com Lampung Flipboard JPNN.com Lampung Line JPNN.com Lampung JPNN.com Lampung

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Lampung di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia