Pemprov Lampung Mengusulkan Rute Penyeberangan Perintis ke Pemerintah Pusat

Sabtu, 04 Februari 2023 – 19:26 WIB
Pemprov Lampung Mengusulkan Rute Penyeberangan Perintis ke Pemerintah Pusat  - JPNN.com Lampung
Kadishub Provinsi Lampung Bambang Somboego. Foto: Antara

lampung.jpnn.com, BANDAR LAMPUNG - Pemerintah Lampung (Pemprov) Lampung mengusulkan adanya penambahan rute angkutan penyeberangan perintis sebagai salah satu layanan transportasi untuk menghubungkan wilayah 3TP (tertinggal, terpencil, terluar, dan perbatasan) di daerahnya.

Hal itu diungkapkannya Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Lampung Bambang Sumbogo.

"Dahulu ada program sabuk nusantara yaitu pelayanan trayek antar pulau, dan ada pelayanan dari Lampung ke Bangka Belitung. Namun, sempat berhenti dan segera diaktifkan kembali," ujarnya, dikutip Antara, Sabtu (4/2).

Dia mengatakan untuk memberikan pelayanan bagi masyarakat yang tinggal wilayah 3TP (tertinggal, terpencil, terluar, dan perbatasan) pihaknya berencana mengusulkan penambahan rute pelayaran.

"Angkutan penyeberangan perintis merupakan salah satu layanan transportasi yang disediakan oleh pemerintah untuk menghubungkan wilayah 3TP. Nanti akan diusulkan tambahan rute dari Bandarlampung- Pantai Ketapang- Pulau Legundi- Pulau Sebesi," katanya.

Dia menjelaskan adanya usulan penambahan rute angkutan penyeberangan perintis antar pulau itu, bertujuan untuk memberikan akses bagi masyarakat pulau dalam menjalankan perekonomian dengan mudah.

"Kalau ada ini nanti mereka akan lebih mudah saat ingin berbelanja barang dagangan dari Teluk Betung Bandarlampung untuk dibawa ke pulau ataupun menjual hasil pertanian dari pulau ke kota. Jadi ekonomi masyarakat pulau bisa bertumbuh," ucapnya.

Dalam melakukan pelayanan penyeberangan laut perintis, saat ini telah ada satu rute rutin yang melayani kebutuhan transportasi masyarakat pulau, yaitu rute Pulau Legundi menuju Kota Bandarlampung.

Pemerintah Lampung (Pemprov) Lampung mengusulkan adanya penambahan rute angkutan penyeberangan perintis sebagai salah satu layanan transportasi
Facebook JPNN.com Lampung Twitter JPNN.com Lampung Pinterest JPNN.com Lampung Linkedin JPNN.com Lampung Flipboard JPNN.com Lampung Line JPNN.com Lampung JPNN.com Lampung

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Lampung di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia