Pemerintah Mengupayakan Layanan Konsultasi Keluarga Hingga Tingkat Desa

Sabtu, 04 Februari 2023 – 20:00 WIB
Pemerintah Mengupayakan Layanan Konsultasi Keluarga Hingga Tingkat Desa  - JPNN.com Lampung
Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Provinsi Lampung Fitrianita Damhuri. Foto: Antara

lampung.jpnn.com, BANDAR LAMPUNG - Pemerintah Provinsi Lampung berupaya menyediakan layanan konsultasi keluarga di desa maupun kelurahan guna memudahkan warga mengakses pelayanan konseling.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Provinsi Lampung Fitrianita Damhuri mengatakan bahwa cakupan layanan konsultasi keluarga pada pusat pembelajaran keluarga atau puspaga akan diperluas hingga ke desa atau kelurahan.

"Kemarin saat rapat koordinasi PKK ada arahan untuk memperluas luspaga hingga tingkat desa atau kelurahan melalui pembentukan pojok curhat desa," katanya, dikutip Antara, Jumat.

"Puspaga sudah terbentuk di semua kabupaten dan kota, ini diperluas menjadi pojok curhat. Kalau di Kota Metro namanya Omah Peluk, jadi di sini akan jadi pusat konseling," jelasnya.

Dia mengatakan bahwa pojok curhat sudah dibentuk di 15 desa percontohan dan selanjutnya akan disediakan di 15 desa atau kelurahan yang lain.

"Harapannya semua desa nanti akan ada layanan ini jadi warga desa bisa mendapatkan layanan konseling bila ada permasalahan dalam keluarga," kata Fitrianita.

"Kalau di kota layanan psikolog sudah banyak dan mudah dijangkau, sedangkan di desa masih sulit, jadi ini akan memfasilitasi untuk itu," sambungnya.

Menurut dia, pojok cuhat akan mengintegrasikan program pelayanan konsultasi keluarga dengan program penanganan stunting.

Pemerintah Provinsi Lampung berupaya menyediakan layanan konsultasi keluarga di desa maupun kelurahan guna memudahkan warga mengakses pelayanan konseling.
Facebook JPNN.com Lampung Twitter JPNN.com Lampung Pinterest JPNN.com Lampung Linkedin JPNN.com Lampung Flipboard JPNN.com Lampung Line JPNN.com Lampung JPNN.com Lampung

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Lampung di Google News