Pemkot Bandar Lampung Tingkatkan Pengawasan Lalu Lintas Unggas

Senin, 06 Maret 2023 – 19:33 WIB
Pemkot Bandar Lampung Tingkatkan Pengawasan Lalu Lintas Unggas - JPNN.com Lampung
Pemkot Bandar Lampung perketat pengawasan lalu lintas unggas. Foto: Antara

lampung.jpnn.com, BANDAR LAMPUNG - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandar Lampung terus meningkatkan pengawasan lalu lintas unggas ke kota ini, baik unggas yang masih hidup ataupun sudah dipotong.

Kasi Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner (Kesmavet) Dinas Pertanian Kota Bandar Lampung M Rifki mengatakan hal itu dilakukan untuk mengantisipasi penularan virus flu burung.

"Kami bersama pihak terkait terus berkoordinasi dalam memperketat lalu lintas unggas, baik yang masuk ke kota ini atau pun ke luar guna mengantisipasi penyebaran virus flu burung," kata dia, dilansir Antara, Senin (6/3).

Terlebih, kata dia, saat ini sedang menuju bulan suci Ramadhan dan Idul Fitri, sudah pasti akan ada peningkatan lalu lintas unggas untuk keperluan masyarakat, sehingga memang pengawasan atau pun pengetatan terus dilakukan.

"Alhamdulillah untuk kasus flu burung di Bandarlampung belum ada, tapi bukan berarti pencegahan tidak dilakukan," ujarnya.

Menurut dia, virus flu burung merupakan penyakit yang sudah pernah ada pada tahun 2016, sehingga dalam upaya mengantisipasi penyebarannya pun sudah terbentuk. 

"Jalur pengawasan dan koordinasinya dengan pihak terkait seperti dari Dinas Peternakan, Balai Karantina Pertanian, dan Dinas Kesehatan juga sudah terbentuk guna mencegah penyebaran virus flu burung, baik penularan antara unggas maupun ke manusia," kata dia pula.

Dia pun mengimbau kepada masyarakat agar bila menemukan gejala flu burung pada hewan ternaknya terutama unggas, agar segera melaporkannya ke dinas terkait untuk segera ditindaklanjuti.

Pemerintah Kota (Pemkot) Bandar Lampung terus meningkatkan pengawasan lalu lintas unggas ke kota ini, baik unggas yang masih hidup ataupun sudah dipotong
Facebook JPNN.com Lampung Twitter JPNN.com Lampung Pinterest JPNN.com Lampung Linkedin JPNN.com Lampung Flipboard JPNN.com Lampung Line JPNN.com Lampung JPNN.com Lampung

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Lampung di Google News