Pemerintah Jaga Harga Komoditas Bahan Pokok Menjelang Akhir Tahun

Selasa, 14 November 2023 – 07:40 WIB
Pemerintah Jaga Harga Komoditas Bahan Pokok Menjelang Akhir Tahun - JPNN.com Lampung
Pemprov Lampung jaga stabilisasi harga kebutuhan pokok. Foto: Dok JPNN

lampung.jpnn.com, BANDAR LAMPUNG - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung terus mengupayakan kegiatan pengawasan harga komoditas harga bahan pokok di pasaran secara rutin.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Provinsi Lampung Kusnardi mengatakan kegiatan itu dilakukan untuk pengoptimalan stabilisasi harga kebutuhan pokok menjelang Natal dan Tahun Baru.

"Upaya stabilisasi harga tetap dilakukan terutama menjelang akhir tahun ada Natal dan Tahun Baru," kata dia, dilansir Antara, Selasa (14/11).

Pengawasan harga komoditas ini dilakukan secara rutin di lapangan untuk mencegah adanya kenaikan harga yang berlebihan ke salah satu komoditas yang berdampak kepada peningkatan inflasi bulanan.

“Jadi, harga ini menjadi indikator utama untuk menjaga stabilitas ekonomi, sehingga dengan pengawasan secara rutin ini, kalau tren harga komoditas yang terlihat mulai naik kita bisa menganalisis kendalanya dimana," ujarnya.

"Apakah dari sisi pasokan dalam artian produksi terhambat atau dari distribusi, sehingga bisa cepat dicari solusinya, terlebih lagi di akhir tahun biasanya harga cenderung meningkat pada beberapa komoditas,” sambung dia.

Dia menjelaskan selain melakukan pengawasan harga berbagai komoditas secara rutin di pasaran, sebagai upaya mencegah kenaikan harga sekaligus menjaga stabilitas harga pangan terutama menjelang akhir tahun pihaknya pun segera melaksanakan kegiatan operasi pasar dan pasar murah beras medium yang dilakukan menggunakan alokasi dana belanja tidak terduga (BTT).

“Stabilisasi harga pangan ini bisa dilakukan melalui operasi pasar juga, dan dalam waktu dekat ini untuk komoditas beras medium akan dilakukan pasar murah beras medium menggunakan dana belanja tidak terduga,” kata Kusnardi.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung terus mengupayakan kegiatan pengawasan harga komoditas harga bahan pokok
Facebook JPNN.com Lampung Twitter JPNN.com Lampung Pinterest JPNN.com Lampung Linkedin JPNN.com Lampung Flipboard JPNN.com Lampung Line JPNN.com Lampung JPNN.com Lampung

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Lampung di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia