Bukit Selalau di Pesisir Barat Objek Wisata Diminati Pengunjung

Jumat, 01 Desember 2023 – 16:17 WIB
Bukit Selalau di Pesisir Barat Objek Wisata Diminati Pengunjung - JPNN.com Lampung
Wisatawan saat bersanti di Bukit Selalau. Foto: Antara

lampung.jpnn.com, PESISIR BARAT - Bukit Selalau merupakan objek wisata yang banyak diminati pengunjung.

Namun, akses menuju ke tempat wisata itu masih perlu perbaikan lagi.

Hal itu dikeluhkan salah seorang pengunjung asal Kalianda Kabupaten Lampung Selatan, Uchtia.

Dia mengharapkan Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat, Provinsi Lampung agar memperbaiki akses ke Bukit Selalau untuk meningkatkan jumlah wisatawan.

Bukit Selalau di Pesisir Barat Objek Wisata Diminati Pengunjung

"Selain keindahan alam dan pemandangannya dipromosikan, akses masuk diperbaiki. Fasilitas umum di objek wisata tersebut juga perlu disediakan, terutama toilet. Yang ada sekarang ini hanya loket tiket di pintu masuk,"kata Uchtia, salah seorang pengunjung asal Kalianda Kabupaten Lampung Selatan," ujarnya seperti dilansir Antara, Jumat (1/12).
 
Menurutnya, meski di Kabupaten Lampung Selatan juga terdapat sejumlah objek wisata yang menarik, tetapi keindahan objek wisata Bukit Selalau memanjakan mata.
 
"Di sini cocok untuk bersantai menikmati keindahan alam saat matahari tenggelam. Saya merekomendasikan bagi para pencinta wisata alam agar menggunakan waktu libur di Bukit Selalau ini," katanya.
 
Pengunjung lainnya asal Bandung Jawa Barat, Anisa mengatakan dirinya terpesona dengan keindahan alam di Bukit Selalau, suasana saat matahari tenggelam dan deburan ombak yang menghantam terumbu karang di pantai.

"Ini pertama kali saya menginjakkan kaki di objek wisata Bukit Selalau ini dan memang benar keindahan pemandangan dari atas bukit memanjakan matai," katanya.
 
Namun, Anisa mengatakan fasilitas yang ada di objek wisata itu tidak memadai. Minimal ada toilet dan tempat beribadah," katanya.
  
Di objek wisata Bukit Selalau juga terdapat benteng peninggalan Belanda yang terus terkikis air laut.

"Sejarah peninggalan Belanda yang ada di tempat wisata ini adalah empat bangunan yang sudah terkikis, satu di Cerucok atau dekat dermaga nelayan, yang kedua adalah benteng di pintu masuk Selalau, dan ada dua lagi di atas yakni ada mercusuar," kata Yunizar, salah satu pengelola objek wisata Bukit Selalau.
 
Ia mengatakan, objek wisata tersebut sudah lama dibuka untuk umum hingga kerap dikunjungi wisatawan asing dan lokal.
 
"Turis-turis asing, dan pengunjung dari luar daerah, sering berkunjung di sini, mereka senantiasa menikmati sunset atau saat matahari tenggelam, dan ingin melihat benteng peninggalan sejarah itu," kata dia.

Bukit Selalau merupakan objek wisata yang banyak diminati pengunjung.
Facebook JPNN.com Lampung Twitter JPNN.com Lampung Pinterest JPNN.com Lampung Linkedin JPNN.com Lampung Flipboard JPNN.com Lampung Line JPNN.com Lampung JPNN.com Lampung

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Lampung di Google News