Pertumbuhan Ekonomi Lampung Triwulan II 2022 Meningkat, Didukung Beberapa Faktor

Sabtu, 06 Agustus 2022 – 08:00 WIB
Pertumbuhan Ekonomi Lampung Triwulan II 2022 Meningkat, Didukung Beberapa Faktor - JPNN.com Lampung
Bank Indonesia Regional Lampung. Foto: Yosephin Wulandari/ JPNN.com

lampung.jpnn.com, BANDAR LAMPUNG - Bank Indonesia (BI) Wilayah Lampung mencatat pencapaian perekonomian Provinsi Lampung pada triwulan II 2022 mencapai 5,22 persen (yoy).

Angka ini tercatat tubuh kuat atau lebih tinggi dari pertumbuhan triwulan sebelumnya yang tercatat sebesar 2,96 persen (yoy).

Kepala BI Wilayah Lampung Budiyono mengatakan pertumbuhan perekonomian pada triwulan II ditopang oleh peningkatan
kinerja konsumsi rumah tangga, investasi (PMTB), dan ekspor yang tercermin pada meningkatnya kinerja lapangan usaha.

Kemudian pertumbuhan ekonomi juga ditopang oleh perdagangan besar dan eceran, lapangan usaha industri pengolahan, dan lapangan usaha industri pertanian.

"Perkembangan tersebut juga sejalan dengan perekonomian Provinsi Lampung yang tumbuh 9,12% (qtq), meningkat jika dibandingkan triwulan sebelumnya yang tumbuh sebesar 0,86% (qtq)," katanya melalui keterangan tertulis, Sabtu (6/8).

Secara nominal, perekonomian di Lampung pada triwulan II 2022 berdasarkan atas dasar harga berlaku (ADHB) tercatat sebesar Rp 105,10 triliun dan berdasarkan atas dasar harga konstan (ADHK) (2010) sebesar Rp 66,39 triliun.

Budiyono mengungkapkan bahwa pencapaian tersebut secara spasial menempatkan Lampung di peringkat kedus dari 10 provinsi di Sumatra pada triwulan II 2022.

Dari sisi pengeluaran, pertumbuhan ekonomi Lampung ditopang oleh peningkatan
konsumsi rumah tangga, ekspor, dan pembentukan modal tetap bruto (PMTB).

Bank Indonesia (BI) Wilayah Lampung mencatat kinerja perekonomian Provinsi Lampung pada triwulan II 2022 mencapai 5,22 persen

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Lampung di Google News