Deni Ribowo Minta Nakes Menyetop Penjualan Sirop Mengandung Etilen Glikol dan Dietilen Glikol

Kamis, 20 Oktober 2022 – 17:20 WIB
Deni Ribowo Minta Nakes Menyetop Penjualan Sirop Mengandung Etilen Glikol dan Dietilen Glikol - JPNN.com Lampung
Apotik di Rumah Sakit Bumi Waras, Foto : Yosephin Wulandari/JPNN.com

lampung.jpnn.com, BANDAR LAMPUNG - Anggota DPRD Provinsi Lampung Deni Ribowo meminta kepada tenaga kesehatan agar menyetop mengedarkan jenis sirop anak-anak.

"Bagi masyarakat, apabila ada anak yang sedang sakit, dapat Berhati-hati memberi obat, atau menunda memberikan sirop paracetamol," katanya, Kamis (20/10).

Anggota Komisi V DPRD itu menjelaskan beberapa kasus anak gagal ginjal akibat sirop paracetamol.

Dia juga menyampaikan bahwa Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) telah mengimbau agar para orang tua agar tidak membeli obat-obatan di warung.

Penyetopan ini dilakukan karena ada beberapa parasetamol jenis sirop yang mengandung Etilen Glikol (EG) dan Dietilen Glikol (DEG).

"Saat ini Kementrian Kesehatan (Kemenkes) RI tengah menunggu hasil pemeriksaan terkiat penyebab kematian gagal ginjal akut yang menyerang anak," jelas Deni. 

Deni Ribowo berharap agar anak-anak di Provinsi Lampung tetap bisa sehat dan hal seperti itu tidak terjadi di Lampung. 

"Jiks sakit segera melakukan cek up di fasilitas kesehatan terdekat dan hindari membeli obat di warung. Lebih baik mengantisipasi daripada terjadi dan menimbulkan korba anak-anak Lampung," pungkasnya. (mcr32/jpnn)

Anggota DPRD Provinsi Lampung Deni Ribowo meminta kepada tenaga kesehatan agar menyetop mengedarkan jenis sirop anak-anak.

Redaktur : Sandy Fernando
Reporter : Wulan

Facebook JPNN.com Lampung Twitter JPNN.com Lampung Pinterest JPNN.com Lampung Linkedin JPNN.com Lampung Flipboard JPNN.com Lampung Line JPNN.com Lampung JPNN.com Lampung

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Lampung di Google News