Sekdaprov Lampung Menyampaikan Informasi Status Gunung Anak Krakatau, Waspada

Rabu, 11 Januari 2023 – 13:10 WIB
Sekdaprov Lampung Menyampaikan Informasi Status Gunung Anak Krakatau, Waspada  - JPNN.com Lampung
Kondisi GAK sebelum erupsi. Foto: Antara

lampung.jpnn.com, LAMPUNG - Sekretaris Daerah Provinsi Lampung Fahrizal Darminto menyampaikan informasi terhadap erupsi Gunung Anak Krakatau (GAK) yang terjadi di awal 2023.

Saat ini GAK memang tengah mengalami erupsi. Namun, masyarakat diimbau agar tetap tenang dan waspada.

"Pertama masyarakat harus tenang dan jangan panik kalau akan peningkatan aktivitas gunung berapi," katanya, dilansir Antara, Rabu (11/1).

Dia menjelaskan adanya peningkatan aktivitas gunung berapi yang terletak di Selat Sunda itu menjadi atensi pemerintah daerah untuk menyiapkan langkah antisipasi atas dampak yang ditimbulkan.

"Gunung Anak Krakatau ini merupakan gunung aktif, sehingga saat terjadi erupsi itu jadi salah satu cara untuk mengurangi besarnya erupsi kedepannya dan meredam dampak bagi lingkungan sekitar," ucapnya.

Ia mengharapkan adanya erupsi tersebut tidak mengakibatkan dampak yang luas bagi masyarakat sekitar.

"Harapannya tidak menimbulkan bencana yang berdampak luas bagi masyarakat, dan semua tetap tenang tapi waspada," tambahnya.

Sebelumnya Gunung Anak Krakatau mengalami peningkatan aktivitas pada awal 2023 dimana Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) merekam aktivitas erupsi berupa lontaran abu setinggi lebih kurang 100 meter yang dikeluarkan oleh Gunung Anak Krakatau di Lampung pada Rabu (4/1).

Sekretaris Daerah Provinsi Lampung Fahrizal Darminto menyampaikan informasi terhadap erupsi Gunung Anak Krakatau (GAK) yang terjadi di awal 2023.
Facebook JPNN.com Lampung Twitter JPNN.com Lampung Pinterest JPNN.com Lampung Linkedin JPNN.com Lampung Flipboard JPNN.com Lampung Line JPNN.com Lampung JPNN.com Lampung

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Lampung di Google News