Demokrat Tegas Menolak Sistem Pemilu Tertutup Proporsional

Minggu, 08 Januari 2023 – 20:45 WIB
Demokrat Tegas Menolak Sistem Pemilu Tertutup Proporsional - JPNN.com Lampung
Demokrat menolak sistem pemilu tertutup. Foto: Bakomstra Partai Demokrat

lampung.jpnn.com, LAMPUNG - Partai Demokrat sejak awal menolak dengan tegas wacana sistem pemilu tertutup proporsional.

Penegasan tersebut disampaikan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) pada pertemuan para pimpinan partai politik terkait wacana sistem pemilu tertutup proporsional, Minggu (8/1).

“Sekali lagi kami menolak sistem pemilu tertutup proporsional, sehingga pertemuan hari ini menjadi penting. Kami mengapresiasi dan mendukung agar pembahasan tentang isu-isu kebangsaan seperti ini juga bisa kita lakukan dari waktu ke waktu,” ujar AHY.

Putra presiden ke enam itu juga menegaskan jangan sampai ada hak rakyat dalam kehidupan demokrasi ini yang dirampas.

“Jka terjadi sistem pemilu tertutup, maka rakyat tidak bisa memilih secara langsung wakil-wakil rakyatnya. Padahal kita ingin semua menggunakan haknya dan tidak seperti membeli kucing dalam karung," kata dia

"Tentu kita semua berharap pada saatnya para wakil rakyat dan pemimpin yang terpilih benar-benar yang bisa membawa perubahan dan perbaikan,” lanjut AHY.

AHY berharap sistem terbuka proporsional bisa tetap dijalankan sesuai dengan undang-undang yang berlaku hari ini serta bisa menyambut pesta demokrasi Pemilu 2024 dengan seksama dan berjalan dengan baik.

AHY melanjutkan, secara internal partai politik juga perlu menjaga semangat yang tinggi dari seluruh kadernya, dengan sistem pemilu terbuka proporsional tentu dirinya berharap setiap kader partai politik juga punya ruang, punya peluang yang adil.

Partai Demokrat sejak awal menolak dengan tegas wacana sistem pemilu tertutup proporsional.
Facebook JPNN.com Lampung Twitter JPNN.com Lampung Pinterest JPNN.com Lampung Linkedin JPNN.com Lampung Flipboard JPNN.com Lampung Line JPNN.com Lampung JPNN.com Lampung

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Lampung di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia