Dugaan Kecurangan Terjadi di Pesawaran Lampung, Tim Pemenangan Minta Bawaslu Melakukan PSU

Sabtu, 24 Februari 2024 – 07:15 WIB
Dugaan Kecurangan Terjadi di Pesawaran Lampung, Tim Pemenangan Minta Bawaslu Melakukan PSU - JPNN.com Lampung
Proses laporan dugaan kecurangan pemilihan legislatif. Foto: dok tim pemenangan Partai Nasdem

lampung.jpnn.com, PESAWARAN - Tim pemenangan calon anggota legislatif (caleg) DPRD Kabupaten Pesawaran dari Partai Nasdem nomor urut 1 Weliyana melaporkan dugaan kecurangan hasil rekapitulasi suara ke badan pengawas pemilu (bawaslu) setempat 

Dugaan kecurangan rekapitualsi itu terjadi di daerah pemilihan (dapil) dua, Kecamatan Negerikaton, Kabupaten Pesawaran, Lampung.

Tim pemenangan Nur Weliyan, Roni mengatakan dugaan adanya indikasi kecurangan terjadi di tempat pemungutan suara (TPS) yang tersebar di empat desa.

"Empat desa itu di antaranya Desa Poncokresno Trirahayu, Bangun Sari, dan Desa Sinar Bandung Kecamatan Negeri Katon, Pesawaran," kata dia,  Jumat (23/2).

Roni menjelaskan adapun kecurangan yang mencolok atas perolehan suara caleg nomor urut 3 bernama Jatu Prima Widia Saputri yang secara signifikan.

Caleg tersebut tiba-tiba memperoleh hingga ribuan suara, sehingga akibatnya berujung perolehan hanya satu kursi untuk Partai Nasdem di dapil 2.

Kejanggalan juga karena caleg tersebut bukan merupakan orang pribumi setempat, secara akal sehat tidak akan ada yang mengenal secara dekat dengan yang bersangkutan.

Sementara caleg yang merupakan pribumi tidak mendapatkan suara signifikan seperti diperoleh Jatu.

Tim pemenangan calon anggota legislatif (caleg) DPRD Kabupaten Pesawaran dari Partai Nasdem nomor urut 1 Weliyana melaporkan dugaan kecurangan hasil rekapitulas
Facebook JPNN.com Lampung Twitter JPNN.com Lampung Pinterest JPNN.com Lampung Linkedin JPNN.com Lampung Flipboard JPNN.com Lampung Line JPNN.com Lampung JPNN.com Lampung

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Lampung di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia