Awas! Ada Jebakan Batman di SSCASN Bagi Guru P1 yang Tidak Dapat Formasi, Hati-hati

Kamis, 03 November 2022 – 02:00 WIB
Awas! Ada Jebakan Batman di SSCASN Bagi Guru P1 yang Tidak Dapat Formasi, Hati-hati - JPNN.com Lampung
P1 yang tidak mendapatkan formasi PPPK 2022 sebaiknya jangan dulu pencet tombol turun prioritas. Ilustrasi Foto: Ricardo/JPNN.com

lampung.jpnn.com, JAKARTA - Pengurus Forum Guru Prioritas Pertama Negeri dan Swasta (FGPPNS) Hasna mengingatkan rekan-rekannya untuk berhati-hati memilih opsi turun prioritas di akun SSCASN. 

Sebab, dia melihat aturan PermenPAN-RB Nomor 20 Tahun 2022 hanya terlihat indah di permukaan. Namun, pelaksanaannya penuh jebakan yang membuat guru lulus passing grade (PG) merugi.

"Saya meminta guru lulus passing grade (PG) yang merupakan prioritas satu (P1) jangan pencet turun prioritas. Bahaya!," seru Hasna dilansir JPNN.com, Kamis (3/11).

Dia melanjutkan, ketika guru lulus PG menekan  turun prioritas, secara otomatis status P1 akan hilang.

Selain itu, kata Hasna, tidak ada jaminan dari Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) guru lulus PG turun prioritas otomatis mendapatkan formasi. 

"Kemendikbudristek sudah menyampaikan ketika P1 turun prioritas, maka mereka harus bersaing dengan P2, P3, dan P4," ucapnya.

Ironisnya, P2 dan P3 itu merupakan guru honorer yang belum pernah ikut tes maupun tidak lulus PG. Alangkah lucunya seorang guru lulus PG dikalahkan P2 maupun P3.

Sangat tidak manusiawi kata Hasna, guru lulus PG diadu lagi dengan pelamar umum (P4) demi mendapatkan formasi. Guru P1 harus ikut tes lagi bersaing dengan guru muda yang memiliki sertifikat pendidik dan lulusan pendidikan profesi guru (PPG).

Pengurus Forum Guru Prioritas Pertama Negeri dan Swasta (FGPPNS) Hasna mengingatkan rekan-rekannya untuk berhati-hati memilih opsi turun prioritas di akun SSCAS
Facebook JPNN.com Lampung Twitter JPNN.com Lampung Pinterest JPNN.com Lampung Linkedin JPNN.com Lampung Flipboard JPNN.com Lampung Line JPNN.com Lampung JPNN.com Lampung

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Lampung di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia