Sukarelawan Lampung untuk Bencana Cianjur Kembali Pulang, Begini Cerita Tempat Pengungsian yang Terisolir 

Rabu, 30 November 2022 – 08:19 WIB
Sukarelawan Lampung untuk Bencana Cianjur Kembali Pulang, Begini Cerita Tempat Pengungsian yang Terisolir  - JPNN.com Lampung
Sukarelawan Lampung. Foto: Dok relawan

lampung.jpnn.com, BANDAR LAMPUNG - Tim sukarelawan sosial kemanusiaan utusan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung yang tergabung Forum Relawan Bencana (FRB) Lampung, bertolak kembali ke Lampung, pada Selasa (29/11/2022) petang.

FRB telah sepekan lamanya menjalankan misi kemanusiaan bantu warga korban selamat bencana alam gempa dan longsor di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Kabar disampaikan salah satu sukarelawan, Estining Gustina dari Forum Rescue dan Relawan Lampung (FRRL), melalui pesan singkat dari lokasi tim ditempatkan sejak Kamis pekan lalu, Kampung Barulega RT/RW 01/01 Desa Cirumput Kecamatan Cugenang Cianjur, pada Senin (28/11/2022) malam.

"Besok sore rencana kami pulang. Nanti saya fotokan setelah brifing om. Ini masih brifing," pesan singkat Esti, Senin pukul 19.19 WIB menjawab pertanyaan Ketua Divisi Komunikasi dan Informasi FRB Lampung, Muzzamil.

Sukarelawan hijabers berkemampuan jelajah medan sulit tinggi ini mengaku dirinya bersama 31 sukarelawan kemanusiaan utusan Pemerintah Provinsi Lampung tergabung FRB Lampung ditempatkan di Kampung Barulega, titik pengungsian yang cukup terisolir.

Perkampungan asri ini meski masuk dari total 40 desa lokasi terdampak terparah, apalagi masuk wilayah Cugenang yang notabene jadi kecamatan terdampak terparah, beruntung tak ada korban jiwa.

"Iya. Kalau korban jiwa tidak ada, kalau rumah banyak yang terdampak," tandas Esti, yang juga Sekretaris FRB Lampung.

Ia merincikan, sejumlah 540 jiwa mengungsi di posko timnya bertugas, dari 2.500 warga Barulega.

Tim sukarelawan sosial kemanusiaan utusan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung yang tergabung Forum Relawan Bencana (FRB) Lampung

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Lampung di Google News