Hasil Survei Litbang Kompas, Elektabilitas Ganjar Pranowo di Atas Prabowo

Rabu, 22 Juni 2022 – 21:02 WIB
Hasil Survei Litbang Kompas, Elektabilitas Ganjar Pranowo di Atas Prabowo - JPNN.com Lampung
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Foto: Ricardo/ JPNN.com

lampung.jpnn.com, JAKARTA - Survei Litbang Kompas menyebut Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengalahkan Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto sebagai bakal calon presiden (capres) di Pilpres 2024.

Ganjar Pranowo tetap menjadi pilihan pada 25 nama capres yang disajikan. Kemudian, 10 nama, lima nama dan tiga nama capres.

Peneliti Litbang Kompas Bambang Setiawan mengatakan elektabilitas Ganjar mencapai 25,2 persen dalam survei tertutup 25 nama.

Namun, elektabilitas Prabowo Subianto sebesar 24,9 persen.

“Pada 10 nama, Prabowo 25,2 persen dan Ganjar 26,6 persen. Pada lima nama, Prabowo 28,1 persen, dan Ganjar 30,2 persen,” ujar Bambang dikutip dari JPNN.com, Rabu (22/6).

Merujuk dari hasil survei tersebut, Bambang menyebutkan didapatkan hasil bahwa hubungan pemilih dengan figur yang dipilih lebih dominan ketimbang hubungan dengan partai politik (parpol) pengusungnya. 

“Jika sosok yang disukai diusung oleh partai yang tidak disukai, 68 persen pemilih akan tetap memilih sosok yang disukai,” imbuhnya.

Adapun, survei Litbang Kompas dilaksanakan pada 26 Mei hingga 4 Juni 2022 melalui tatap muka dan melibatkan 1.200 responden. Para responden dipilih secara acak, menggunakan metode pencuplikan sistematis bertingkat di 34 provinsi. 

Survei Litbang Kompas menyebut Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengalahkan Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto
Facebook JPNN.com Lampung Twitter JPNN.com Lampung Pinterest JPNN.com Lampung Linkedin JPNN.com Lampung Flipboard JPNN.com Lampung Line JPNN.com Lampung JPNN.com Lampung

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Lampung di Google News